Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memaksimalkan Promosi Online

Halo rekan – rekan Pengusaha,
Dalam berbisnis online, cara promosinya tentu berbeda dengan cara berpromosi bisnis offline, begitu juga sebaliknya. Berikut ini  beberapa tips yang berkaitan dengan promosi usaha anda secara online agar lebih maksimal & menghasilkan penjualan serta menarik konsumen lebih banyak.

Apa saya yang harus anda lakukan sebagai pebisnis online untuk memaksimalkan promosi anda ?  Silahkan simak tips dibawah ini :




1. Milikilah Website Sendiri


Dalam usaha online, kepercayaan adalah yang paling utama & paling penting. Kenapa? Karena antara anda sebagai penjual dengan para pembeli anda umumnya tidak bertemu secara langsung. Untuk meyakinkan calon konsumen anda, anda memerlukan website yang berfungsi sebagai media memperkenalkan & menjelaskan produk anda kepada konsumen secara jelas, sehingga konsumen akan mendapatkan informasi tentang produk anda secara maksimal, termasuk mendapatkan informasi terkait usaha / perusahaan anda sehingga tidak merasa khawatir jika membutuhkan support / informasi / bantuan dikemudian hari.

selain itu anda juga dapat meletakkan update serta informasi lain tanpa harus mengganggu / terganggu oleh orang lain karena website adalah “Kantor Pribadi” anda secara online.

Anda dapat membuat website dengan layanan dari blogspot, wordpress atau membuat website melalui perusahaan jasa pembuatan website agar tampak lebih profesional.


2. Gunakan Social Media

Anda gemar  mempergunakan Facebook, Twitter, Instagram, Tumblr atau Pinterest?  Anda sangat beruntung!
Kenapa?  karena saat ini social media adalah metode yang paling cepat & efektif dalam membangun & menyerap calon konsumen. Jadi bukan hanya tempat untuk mengupdate informasi tentang diri anda saja, tapi dapat dipergunakan sebagai media Promosi produk anda secara viral yang berpotensi mendatangkan banyak pengunjung dari berbagai kalangan.
Akan tetapi dalam berpromosi dalam social media, gunakanlah cara yang Sopan & Elegan. Jangan melakukan spamming dengan berkomentar di status orang lain, di lapak jualan orang lain atau malah mengirim status / messsage di email rekan – rekan anda. Kadangkala itu memang Efektif, akan tetapi akan mengganggu orang lain.  Promosi oke tapi gunakanlah etika juga 🙂


3. Gunakan Youtube!

Selain social media yutube juga dapat menyumbang calon konsumen untuk anda. bagaimana caranya? buatlah video yang berkaitan dengan produk anda seperti daya tarik / kelebihannya, cara pengunaannya, Efek penggunaannya & sebagainya setelah itu anda upload di youtube. Pengguna yang sengaja mencari / tidak sengaja melihat video anda dapat melihat video tersebut & akhirnya tertarik dengan produk anda.  Anda tidak perlu memiliki kamera yang canggih untuk membuat sebuah video, kamera handphone anda pun dapat dipergunakan untuk melakukannya 🙂

Bagaimana jika anda tidak bisa membuat video serta mengoprasikan aplikasi pembuat video? Tidak masalah!  anda dapat membuat gambar – gambar kemudian anda jadikan Slide mempergunakan aplikasi power point untuk membuat video slide anda! dengan efek – efek slide pada power point pun slide anda akan tampak seperti video yang menarik.

4. Gunakan Iklan berbayar

Ya anda dapat mempergunakan iklan berbayar untuk mempromosikan produk anda. Bagaimana dengan biayanya? masih terjangkau kok. Anda dapat menyisihkan dana sekitar rp 50.000 perhari untuk dapat beriklan menggunakan media Facebook Ads, Google ADwords , Bing Ads & sebagainya.

5. Gunakan Forum

Sebelum populernya social media seperti sekarang, forum merupakan sentra berkumpulnya para pengguna internet saling bertukar Informasi. Anda dapat mempergunakan media forum untuk mempromosikan produk anda melalu thread promosi yang sudah disediakan atau melalui signature forum anda. Anda dapat memuat informasi usaha / bisnis anda pada thread / signature tersebut sesuai ketentuan admin / moderator forum. Dan perlu anda perhatikan juga, gunakanlah forum untuk promosi secara sopan & profesional. Spamming jualan produk di semua thread bahkan di posting orang lain tidaklah keren!  justru biasanya akan menjatuhkan citra produk anda sendiri karena cara berpromosi yang membabi buta 🙂

6. Metode lain, Masih banyak!

Sebenarnya masih banyak metode lain yang jika dijelaskan satu persatu bisa – bisa menjadi ebook  ( yang akan kami bagikan beberapa waktu mendatang ).

anda dapat mengorek informasi cara mempromosikan usaha online anda melalui search engine atau sharing dengan sesama pengusaha online lainnya melalu grup facebook atau forum bisnis.
Semoga tips Cara Mengoptimalkan promosi usaha Online anda dengan maksimal ini bermanfaat untuk anda &  Salam Sukses !

Posting Komentar untuk "Cara Memaksimalkan Promosi Online"