9 Cara Membangun Kepercayaan Diri Dalam Membangun Bisnis

Banyak pengusaha sukses  mengajarkan bahwa Minat pada suatu hal, fleksibilitas menghadapi masalah serta pandai melihat peluang adalah cara untuk melejitkan usaha. Akan tetapi, ada satu hal lagi yang mempegaruhi kesuksesan seorang pengusaha, yaitu Meningkatkan percaya diri dalam membangun Bisnis.

Ketika berbisnis tentu anda  sering bertemu dengan orang – orang baru yang kelak bisa menjadi salah satu mitra maupun pelanggan anda. Ketika berinteraksi baik dalam marketing maupun  menjelaskan produk kepada orang baru tersebut tentu dibutuhkan kepercayaan diri yang tinggi agar orang mau mendengar penjelasan anda.

Modal awal untuk percaya diri adalah menghargai diri anda sendiri.
Berikut ini 9 Cara membangun kepercayaan diri dalam membangun Bisnis yang bisa anda coba  :

 


  1. Gunakan pakaian sesuai situasi & yang membuat anda percaya diri

Pakaian yang anda pakai juga mempengaruhi kepercayaan diri anda ketika tampil didepan umum serta berinteraksi dengan orang lain.  Ketika anda sedang meeting / menghadiri pertemuan formal dengan orang lain yang baru saja anda kenal, tentu orang akan memandang anda lebih ketika menggunakan pakaian yang formal seperti jas & hem rapi daripada ketika anda menggunakan kaos oblong  dan celana santai. Dan dengan berpakaian formal pembawaan anda pun tentunya akan berbeda, menyesuaikan penampilan anda saat itu.

 

2.  Perbaiki sikap tubuh anda

Ketika anda berhadapan dengan orang lain , duduk atau berdirilah dengan  tegak serta angkat wajah & kepala menghadap kedepan.  Hal ini akan memunculkan kepercayaan diri dalam diri anda serta pandangan positif dari orang lain yang berinteraksi dengan  anda.
Cara duduk yang bersender sambil melemaskan badan, kepala menunduk / ditekuk kedalam akan menunjukkan bahwa anda tampak malas, tidak bertenaga serta ketidak seriusan.

 

3. lakukan yang terbaik dan hilangkan kekhawatiran anda

 

Ketika anda menghadapi hal yang baru atau suatu hal yang tidak anda kuasai, Hadapi & Lakukan yang terbaik semampu anda. Tidak perlu khawatir berbuat kesalahan.  Ketika anda khawatir, atau berpikir bahwa anda akan gagal, itu akan mempengaruhi setiap hal yang anda lakukan sehingga  berakibat tidak maksimalnya kinerja anda. Jika anda benar – benar tidak mampu, Gunakan bantuan orang  lain yang lebih paham untuk mengatasi hal tersebut.

 

4. Fokus Ke impian anda

 

Kadangkala anda melihat hal – hal baru yang menarik & membuat anda ingin mencobanya. Misalkan saat ini anda berbisnis di bidang konveksi, kemudian melihat rekan anda yang berbisnis online ternyata keuntungannya cukup besar. lalu anda pun terpancing untuk mencoba hal yang sama.  Apakah itu dilarang?   Sebenarnya boleh saja, tapi jika anda mencoba hal baru tersebut dan anda tidak memiliki minat & kemampuan di bidang itu maka akan hanya membuang waktu, tenaga & biaya saja.

Fokuslah dengan apa yang anda jalani saat ini dan jangan berhenti ketika belum berhasil.  Jika anda cobaan – cobaan yang lebih menggiurkan lewat didepan anda, coba anda ingat  apa yang saat ini anda targetkan, dan apakah saat ini anda sudah megarah ke jalan yang benar untuk mewujudkan impian anda tersebut.

 

5. Selalu berpikir Positif

 

Setiap hari kita akan menemukan hal hal negatif di sekitar kita, baik itu perkataan maupun perbuatan. Sementara pembicaraan / hal – hal negatif lebih mudah masuk & mempengaruhi hati serta cara berpikir kita. Hindari pengaruh buruk dari hal negatif tersebut dengan selalu berpikir positif ketika sesuau terjadi, dan syukurilah sekecil apapun kebaikan dan apapun hasil dari usaha yang anda lakukan.

 

6. Perbaiki kesasalahan yang anda lakukan dan berhenti memikirkannya

 

Ketika anda melakukan suatu kesalahan, berhentilah memikirkan kesalahan tersebut karena itu akan mempengaruhi produktifitas anda selanjutnya. Ketika berbuat salah, beberapa orang menjadi selalu terbayang dan meras bersalah tentang apa yang telah mereka lakukan. Hentikan hal itu dan,yang perlu anda lakukan adalah meminta maaf, pelajari kesalahannya dan perbaiki agar kedepannya tidak mengulangi kembali permasalahan yang sama.

 

7. Selalu berkembang & melakukan Improvisasi

 

ikutilah perkembangan informasi dan ternologi terbaru saat ini dan pelajarilah ilmu & pengaplikasiannya sehingga anda akan selalu selangkah lebih maju dari kompetitor anda.  Gunakan cara – cara baru yang tidak dilakukan oleh orang lain atau bahkan temukan cara tersebut sehingga menjadi nilai lebih bagi pribadi maupun usaha anda. dengan begitu anda akan memiliki kepercayaan diri yang lebih dengan diri / produk anda.

 

8. Jadwalkan Liburan anda

 

Dalam beraktifitas sehari hari khususnya bekerja , ada stu waktu dimana anda akan merasa penat melakukan hal yang sama berulang – ulang. Jika anda mengalami hal ini Jadwalkanlah liburan untuk diri anda sendiri. Anda memiliki waktu 24 jam dalam sehari, aturlah porsi waktu bekerja  dan liburan untuk diri anda sehingga anda tidak merasa penat dengan rutinitas anda sheari – hari.  Orang yang menyelipkan waktu liburan & bersantai ketika bekerja dengan wajar akan lebih produktif daripada memaksakan diri untuk terus bekerja.
Liburan tidak selalu harus berpergian jauh, bermain bersama keluarga atau bermain game sebentar cukup untuk menyegarkan kembali semangat anda agar lebih produktif.

 

9. jangat takut untuk meminta Saran

 

Ketika anda memiliki permasalahan yang tidak dapat anda atasi sendiri, jangan ragu untuk bertanya kepada rekan baik anda, mentor atau konsultan yang mahir menangani permasalahan yang anda miliki untuk meminta saran terbaik.  beberapa hal positif & baru kadang muncul dari pikiran & hasil diskusi dengan orang lain. Dengan begitu beban anda akan lebih terasa ringan & anda akan lebih menghemat waktu & produktifitas.
Siap

Siap mencoba 9 Cara membangun kepercayaan diri dalam membangun Bisnis  untuk membuat perubahan baru?


Belum ada Komentar untuk "9 Cara Membangun Kepercayaan Diri Dalam Membangun Bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel