Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha Modal dibawah 5 Juta Rupiah Paling Recommended

 Di tengah – tengah kita ada begitu banyak peluang usaha yang dapat kita lirik. Namun tentunya persaingan yang sangat ketat harus kita hadapi. Untuk dapat memenangkan persaingan yang sangat ketat tersebut dibutuhkan sebuah tindakan, trik, dan juga strategi tertentu agar bisa menjadi yang terbaik diantaranya. Jika tidak, produk atau jasa yang Anda tawarkan tidak akan pernah up.

Karena itu sebagai sebuah tindakan antisipasi banyak orang yang mempertimbangkan ketatnya persaingan sedari awal. Sehingga banyak yang kemudian memilih untuk mencari peluang usaha yang minim persaingan. Selain soal persaingan, yang juga turut menjadi bahan pertimbangan seseorang di awal membuka suatu usaha adalah modal. Ya, tak dapat dipungkiri bahwa komponen ini juga sangat penting dan berarti dalam sebuah usaha. Tanpa modal usaha tak akan bisa berjalan karena modal digunakan untuk membiayai proses produksi sampai pemasaran usaha yang dibangun. Walau demikian bukan berarti sebuah usaha butuh modal yang besar. Tak semua usaha harus dengan modal yang tinggi, ada juga beberapa peluang usaha dengan modal kecil yang dapat Anda bidik. Bahkan modal tak lebih dari 5 juta juga cukup untuk memulainya. Apa sajakah peluang usaha modal dibawah 5 juta tersebut? Berikut beberapa peluang usaha modal dibawah 5 juta rupiah yang paling recommended untuk Anda jalankan.




Peluang Usaha Modal Dibawah 5 Juta Rupiah

Usaha salon kecil – kecilan

Banyak orang ingin cantik dan salah satu cara untuk mewujudkan keinginannya untuk tampil cantik sekaligus meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan perawatan di salon. Kini hampir setiap wanita bahkan sudah banyak pria yang sadar pentingnya perawatan sehingga banyak dari mereka yang memilih datang ke salon untuk mendapatkan kecantikan dan kesan menawan sesuai yang diinginkannya. Karena itu juga usaha salon berpotensi besar untuk sukses di era sekarang ini.

Baik salon kecantikan kulit atau salon kecantikan rambut dapat Anda jalankan. Jika Anda hanya punya modal dibawah 5 juta rupiah, Anda tak perlu membuka salon dengan skala yang besar dan dengan peralatan modern. Sediakan saja peralatan seadanya dulu baru nanti jika ada tambahan modal bisa ditambah peralatan tersebut. Yang paling penting Anda punya keahlian di bidang tersebut sehingga tak perlu menyewa pekerja untuk bekerja kepada Anda. Anda bisa andalkan keahlian Anda sendiri. Anda bisa sediakan beberapa layanan di salon tersebut. Namun jangan sampai layanan yang Anda sediakan menyebabkan anggaran modal membengkak. Anda lengkapi saja segala sesuatunya dengan perlengkapan sederhana dan pastikan sesuai modal Anda saat ini.

Peluang usaha modal dibawah 5 juta rupiah ini kini sudah menjadi sebuah bidang usaha yang menjanjikan. Utamanya jika memang Anda memiliki kemampuan untuk memberikan layanan kepada pelanggan disertai kemampuan komunikasi yang baik karena hal ini sangat penting dalam memberikan kenyamanan kepada mereka dan mempertahankan pelanggan untuk setia perawatan di salon Anda.


Usaha jasa laundry

Jika Anda kurang tertarik dengan peluang usaha diatas, peluang usaha modal dibawah 5 juta rupiah yang selanjutnya dapat Anda jalankan adalah membuka laundry. Bahkan dengan modal 2,5 juta rupiah saja peluang usaha ini bisa Anda jalankan dengan catatan Anda melayani sendiri. Kemudian jika Anda butuh beberapa unit sekaligus, Anda tak perlu membeli mesin cuci dalam kondisi baru melainkan Anda bisa membeli mesin cuci dalam keadaan bekas. Namun selektiflah dalam memilih, perhatikan komponen mesinnya dan pilih yang masih dalam kondisi bagus dan layak.

Peluang pasar dari usaha laundry ini memang cukup cerah. Hal ini juga karena sebagian besar orang lebih memilih untuk memanfaatkan jasa laundry dibandingkan mencuci pakaian mereka sendiri. Gaya hidup masyarakat urban yang serba praktis dan suka sesuatu yang instan menjadikan bisnis di bidang ini meningkat tajam potensi keberhasilannya. Apalagi ditunjang banyaknya wanita yang lebih mementingkan karir dan merasa tak punya banyak waktu untuk mengurus masalah rumah tangganya sendiri. Hampir usaha ini setiap harinya tak pernah sepi pelanggan dan dicari banyak orang. Anda bisa dirikan usaha jasa laundry di daerah perumahan atau di sekitar kantor – kantor. Pilih lokasi yang strategis untuk mendirikan bisnis ini.


Usaha toko baju

Jika Anda pecinta fashion daripada Anda memuaskan hasrat belanja untuk diri Anda sendiri lebih baik Anda memuaskan hasrat belanja untuk banyak orang. Anda bisa mulai pertimbangkan untuk memiliki sebuah toko baju. Anda bisa memulai usaha ini dengan membeli sejumlah kaos distro dan jaket polos di grosir atau produsen secara langsung sehingga Anda bisa dapatkan harga yang jauh lebih murah. Harga yang mereka tawarkan umumnya juga jauh lebih murah jika Anda membeli secara langsung ke tangan pertama dalam jumlah tertentu. Karena itu hal ini tentu akan menjadi sebuah kelebihan untuk Anda sehingga Anda bisa jual dengan harga yang sedikit lebih tinggi diatas harga pertama atau setara dengan harga pertama sementara laba yang Anda dapatkan dari selisih harga yang diberikan tangan pertama kepada Anda.

Tak perlu memiliki sebuah toko resmi jika memang Anda masih belum mampu menyewanya. Modal 5 juta atau 2,5 juta bisa Anda gunakan untuk pengadaan barang dan promosinya saja. Anda bisa jual baju dari rumah. Anda bisa tata baju dengan semenarik mungkin di rumah Anda. Jika perlu tambah toko online untuk semakin memaksimalkan penjualan produk Anda. Bisnis yang satu ini kini memang sedang menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan karena sepanjang waktu ada banyak orang yang suka mencari dan membeli baju. Akan tetapi PR untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis ini yaitu Anda tak boleh asal – asalan memilih model baju karena jika ini terjadi maka bisa jadi baju yang Anda jual akan sulit laku. Sangat dianjurkan agar Anda mengikuti suatu trend yang ada agar Anda bisa menyediakan produk yang sesuai dengan trend sehingga potensi lakunya juga sangat besar.


Menjual aneka aksesoris dan souvenir

Anda yang memiliki hobi untuk membuat berbagai macam aksesoris dan juga souvenir, hal ini bisa menjadi lahan bisnis yang menjanjikan untuk Anda jalankan. Berbagai barang ini akan dicari oleh kaum hawa yang begitu mengidamkannya. Lantas bagaimana jika Anda ingin menjalankan bisnis ini namun tidak memiliki kemampuan membuatnya?

Jika Anda ingin menjalankan bisnis ini namun belum memiliki kemampuan untuk membuat aneka aksesoris dan souvenir, Anda bisa menjalankan bisnis ini dengan cara membeli produk kerajinan tangan atau souvenir di pusat grosir atau secara online. Anda bisa temukan aneka barang unik disana kemudian menjualnya kembali dengan mendapatkan sejumlah keuntungan dari selisih harga yang diberikan.


Usaha kerajinan parcel wisuda

Momen wisuda pastinya senantiasa menjadi momen sepanjang tahun. Inilah menjadi salah satu alasan mengapa terjun ke dalam bisnis parcel wisuda ini akan sangat menggiurkan. Dengan modal awal tak lebih dari 5 juta rupiah, Anda sudah bisa memulai bisnis ini. Anda harus kreatif untuk membuat aneka kerajinan wisuda agar bisa memuaskan pelanggan dan nantinya pelanggan bisa setia atau setidaknya merekomendasikan usaha Anda ke teman – teman yang lain. Jangan pernah Anda malas untuk melakukan survei bahan baku yang paling murah dengan mutu yang bisa dipertanggungjawabkan. Buat desain parcel seunik mungkin agar orang berkesan dengan yang Anda buat sehingga tertarik untuk melakukan pemesanan.


Usaha menjual aneka makanan unik

Usaha di bidang kuliner memang tak pernah sepi pelanggan. Jika kemudian Anda adalah orang yang lihai dalam membuat menu dan memadupadankan bumbu – bumbu dan ide kreatif atas bentuk sebuah kue atau suatu makanan sehingga menjadi unik dan berbeda maka bisnis ini bisa Anda jalankan. Anda berpotensi kebanjiran orderan dengan menjual aneka makanan unik karena sekarang banyak orang suka mencicipi hal yang  unik – unik termasuk makanan unik. Pastikan bisnis unik ini masih fresh dan belum ada di kota Anda. Anda yang ingin memulai jenis bisnis ini tak harus membuka gerai sendiri. Jejaring sosial dapat menjadi bagian yang Anda manfaatkan sebagai lapak karena dengan cara seperti ini juga membantu akan menghemat dana modal Anda.


Usaha membuka pesanan catering sehat

Tentu Anda sudah tahu bukan bahwa ada banyak orang yang saat ini benar – benar memperhatikan kesehatan dan penampilan tubuhnya. Mereka bahkan rela melakukan diet apa saja untuk mendapatkan penampilan tubuh sesuai yang diinginkan. Terlebih banyak orang yang sudah paham bahwa tubuh yang gendut itu sarang penyakit sehingga banyak orang yang mulai olahraga dan melakukan diet untuk menghindarinya.

Anda yang sadar dengan hal ini serta memiliki kemampuan memasak masakan sehat, Anda bisa buka usaha catering sehat untuk mereka yang sedang diet. Walau Anda tak terlalu lihai dalam memasak, jangan ragu terjun ke bisnis ini. Beli saja buku petunjuk mengenai beragam menu catering sehat. Bahan bakunya juga tidak mahal. Bahkan Anda hanya butuh modal sekitar 2,5 juta rupiah saja menjalankannya. Anda kemudian bisa membuat lapak di instagram, WhatsApp dan BBM untuk promosi usaha Anda. Awali dengan promosi kepada teman, keluarga dan tentunya jaring pelanggan secara luas.


Usaha fotokopi dan ATK

Peluang usaha modal dibawah 5 juta rupiah selanjutnya adalah membuka usaha fotokopi dan ATK. Usaha ini memang memberikan keuntungan yang kecil namun bisa dibilang sangat menjanjikan. Utamanya jika Anda buka di sekitar area kampus, area kantor dan area sekolah karena biasanya banyak orang di lingkungan tersebut membutuhkan jasa fotokopi. Kemudian ada baiknya juga agar tidak hanya satu sumber pendapatan yang Anda dapatkan, lengkapi usaha jasa fotokopi Anda dengan menjual peralatan ATK karena juga dapat menjadi sumber pendapatan lain dari satu bidang usaha yang sama untuk Anda.

Menjadi reseller

Menjadi reseller berarti Anda harus berinteraksi untuk menjual barang secara langsung kepada konsumen. Ketika Anda menjadi reseller Anda tak perlu menyediakan produk sendiri. Anda hanya tinggal menjual produk yang telah disediakan oleh suatu agen atau distributor. Berbagai macam produk dapat Anda jual mulai dari produk berupa makanan ringan, item fashion atau yang lainnya. Namun sebelum memulai usaha menjadi reseller baiknya Anda harus cari agen atau distributor yang memang dapat bekerjasama secara hemat dengan Anda. Maksudnya pilih agen atau distributor yang jujur dan dapat memberikan layanan prima agar nantinya Anda juga bisa memberikan layanan prima kepada pelanggan Anda secara langsung. Pilih juga agen atau distributor yang loyal serta memberikan informasi produk secara up to date kepada Anda.


Usaha menjadi agen atau distributor produk tertentu

Jenis usaha yang satu ini juga termasuk salah satu bidang usaha yang sangat menguntungkan. Namun jenis usaha yang satu ini memang sampai saat ini masih belum termasyur di Indonesia. Karena itu peluangnya juga masih terbuka sangat lebar untuk Anda geluti. Disini kita akan mengenali masing – masing bagaimana menjadi seorang distributor, agen dan reseller suatu produk.

Untuk distributor, distributor ini merupakan mereka baik itu perusahaan atau perorangan yang membeli barang dari pihak produsen yang memproduksi barangnya secara langsung. Seorang distributor akan membeli suatu produk atau barang kemudian menjual kembali barang tersebut ke beberapa toko atau ritel yang cakupannya lebih kecil. Seorang distributor akan mendapatkan laba yang berasal dari potongan margin diskon yang diberikan oleh pihak produsen karena telah membeli barang tersebut dalam jumlah yang besar.

Jika kemudian seorang distributor ingin menjualkan barang sang supplier maka ia bisa mendapatkan laba yang berbeda. Karena hal inilah menjadi seorang distributor tentu akan mendapatkan laba yang benar – benar menggiurkan. Lantas apa bedanya dengan seorang agen? Jika Anda memutuskan untuk menjadi seorang agen, maka keuntungan yang Anda dapatkan berupa komisi yang diberikan oleh distributor atas selisih dari harga jual Anda. Sementara seorang reseller merupakan pihak yang menjual barang dari agen atau distributor dan kemudian mereka secara langsung menjualnya kepada konsumen. Itu artinya ia berinteraksi secara langsung dengan konsumen. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa menjadi seorang distributor tentu jauh lebih menguntungkan dibandingkan Anda harus menjadi agen atau reseller.

Sudah yakin dan mantap untuk menjadi seorang agen atau distributor? 

Atau mungkin detik ini Anda masih bingung mau menjadi seorang agen atau distributor produk apa? Jika Anda masih merasa bingung, disini kami akan berikan inspirasinya.

Sangat dianjurkan agar Anda menjadi seorang distributor atau agen suatu produk yang memiliki tingkat pesaing kecil. Jadi survey dan telaah dulu apakah produk tersebut pesaingnya ketat atau kecil. Karena dengan Anda menjadi seorang distributor atau agen suatu produk yang tingkat pesaingnya kecil tentu hal ini akan menjadikan Anda lebih berpotensi untuk menguasai pasar. Anda juga tak perlu repot – repot bersaing dengan usaha yang mungkin telah lebih dulu merintis diri sebelum Anda. Untuk melakukan up atas produk Anda juga akan lebih mudah utamanya jika Anda merupakan seorang pemula.

Jika Anda bertanya apakah usaha distributor atau agen terbaik yang dapat Anda bidik di tahun 2018 ini dengan tingkat pesaing kecil, maka kami akan berikan jawaban bahwa usaha yang direkomendasikan tersebut salah satunya adalah menjadi seorang distributor atau agen obat anti rayap. Mengapa demikian?

Posting Komentar untuk "Peluang Usaha Modal dibawah 5 Juta Rupiah Paling Recommended"