Jaket Bomber

Saturday, June 2nd 2018.

Tren jaket bomber semakin digemari oleh masyarakat Indonesia, terutama untuk  kalangan pria. Tidak hanya disebabkan oleh Presiden Joko Widodo yang sempat viral memakai jaket ini namun juga karena pengaruh arus global terutama di dunia maya.  Selain itu, banyak juga film yang menjadikan jaket ini menjadi salah satu kostum yang dipakai oleh pemeran utama sehingga semakin meningkatkan popularitas jaket bomber.  Untuk penjelasan lengkap tentang model ini silahkan simak dibawah ini.

 

Baca Juga:

Sepatu Tactical Delta

Model Tas Militer

 

Sejarah Jaket Bomber

Jaket bomber atau flight jacket atau biasa dikenal dengan jaket pilot memiliki sejarah yang cukup panjang di baliknya. Prototype dari jaket ini semula hanya milik pilot pesawat militer di United States Air Force pada saat Perang Dunia II. Saat itu, sebagian besar pesawat memiliki desain cockpit yang terbuka sehingga pilot memerlukan pakaian yang tebal  dan membuat tubuh selalu hangat. Bahan kulit yang berat serta tebal akhirnya dipilih sebab bisa melindungi dari angin kencang diatas sana. Pada tahun 1940-an desain dari jaket ini masih sangat sederhana..

Awal mulanya jaket ini dibuat dari kulit dan fur, kemudian dimodifikasi supaya lebih ringan dengan menggunakan bahan wol atau nilon anti air. Model jaket bomber yang ada saat ini tak mungkin ada tanpa ada nya pengaruh dari dua jaket pendahulunya yaitu A-2 serta B-15.Pada sat itu A-2 menggunakan bahan kulit dengan kerah yang tinggi dan dua flap pocket pada bagian depan. Desain B-15 menjadi cikal bakal jaket bomber yang saat ini beredar dipasaran. Kemudian jaket ini memperoleh sedikit perubahan sehingga dikenal dengan sebutan jaket MA-1 yang digunakan oleh USAF pada tahun 1949

Desain jaket yang cukup bulky itu akhirnya digantikan dengan bahan polyester yang lebih ringan. MA-1 tersedia dengan model kantong dan slot pulpen pada lengan bagian kiri yang mempermudah pilot pada saat itu.

Kemudian pada era 60-an,  jaket bomber ala militer ini digunakan oleh masyarakat sipil. Di Eropa jaket bomber ini sudah menjadi trend andalan skinhead Inggris yang kemudian dilambangkan sebagai simbol pemberontakan.

Jaket bomber kembali populer saat digunakan oleh seorang aktor berkebangsaan Amerika, Steve McQueen pada film klasik The Hunter  tahun 1980. Bahkan salah satu anggota kerajaan seperti Pangeran Philipe yang berasal dari Belgia menggunakan jaket ini ketika dia berlatih menjadi pilot militer untuk Belgian Air Force pada tahun 1981.

Popularitasnya terus berlanjut sampai sekarang. Pada tahun 2013, runway mulai menampilkan jaket-jaket bomber. Salah satu diantaranya adalah Dires Van Noten, Raf Simons, Balenciaga, dan Rick Owens, yang kemudian diikuti oleh retailer fast fashion seperti H&M, Zara, Topshop, dan lain-lain.

Kemudian ada pula musisi dunia yang menjadikan jaket bomber sebagai jaket favoritnya. Yang paling terkenal yaitu Kanye West, yang telah memakainya sejak 2013 dan saat ini membuatnya menjadi trend yang populer dari dirinya. Bahkan, Kanye memproduksi edisi bomber milik diriny a sendiri dengan merk Yeezy.

Di Indonesia, jaket bomber mulai menjadi trend pada saat Presiden Jokowi memakai jaket tersebut pada saat demo 4 November 2016. Jaket yang berasal dari Zara tersebut dalam waktu singkat habis terjual di beberapa gerai Zara dari Jakarta sampai Surabaya

Artikel Terkait:

Harga Tas Ransel Army

Model Tas Ransel Loreng

 

Jaket Bomber Pria

Bagi para pria, awalnya jaket bomber ini tidak terlalu diperhatikan. Mereka umumnya lebih terobsesi dengan model lainnya seperti jaket parka, jaket parasut, ataupun jaket kulit. Namun saat beberapa artis terkenal dari  Korea Selatan dan Amerika mulai sering memakai jaket ini, maka pikiran mereka semakin terbuka. Sehingga beberapa tahun belakangan ini mulai muncul berbagai macam jaket bomber dengan kualitas yang berbeda-beda. Mulai dari harga yang puluhan ribu hingga jutaan rupiah tergantung dari bahan yang dipakai. Warna yang tersedia pun sangat beragam mulai dari hitam, merah, hijau, biru dongker sampai putih.  Ulmumnya apabila jaket tersebut sudah berharga jutaan rupiah, maka dia memakau kulit asli baik itu kulit sapi atau kulit kambing. Sehingga sangat wajar harganya cukup mahal, mengingat harga mentah dari bahan ini pun sudah cukup tinggi. Sayangnya, tidak semua toko menyediakan jaket bomber kulit asli. Kebanyakan yang dipakai adalah jaket bomber dengan bahan kulit sintetis atau imitasi.

Artikel Lainnya:

Tas  Tactical Army

Jual Tas Army Keren

 

Jaket Bomber Wanita

Tidak hanya tersedia untuk kaum pria saja, namun jaket bomber juga tersedia untuk wanita. Variasi modelnya pun lebih banyak dibandingkan jaket bomber pria. Hal ini disebabkan masing-masing wanita memiliki style yang disukainya sendiri. Kelebihannya saat wanita memakai jaket bomber selain dapat melindungi dari hawa dingin dan hembusan angin yang kencang yaitu penampilan anda akan terlihat lebih berisi dibandingkan sebelum memakai jaket. Hal ini disebabkan karena model jaket bomber wanita yang tersedia dipasaran umumnya hanya tersedia untuk orang-orang dengan postur tubuh yang kecil. Namun jangan khawatir, beberapa toko online menyediakan jaket bomber dengan ukuran jumbo atau bigsize.

 

Jaket Bomber Anak

Selain untuk wanita dan pria, jaket bomber juga tersedia untuk anak kecil. Umumnya jaket yang tersedia adalah untuk anak usia 2-7 tahun. Apabila sudah diatas itu, maka bisa memakai ukuran jaket bomber wanita. Umumnya jaket bomber yang dibuat khusus untuk anak-anak menggunakan bahan kain scout parachute dimana sifat dari bahan kain ini adalah mengkilap dan licin. Jaket bomber dapat membuat tubuh anak menjadi hangat sehingga sangat cocok sekali dipakai apabila anda sering mengajak anak anda naik kendaraa bermotor atau naik bus dengan AC yang memiliki temperatur sangat dingin.  Apabila anda tidak suka dengan bahan scout maka bisa menggunakan bahan lainnya misal  kulit imitasi, kulit asli atau bahkan fleece. Tentunya dimana ada kualitas ada harga.

Baca Juga:

Model Tas Army

Model Celana Blackhawk

Model Kemeja Army

 

Jaket Bomber Army

Tidak hanya tersedi dalam warna polos saja, jaket bomber tersedi dalam motif loreng army. Meskipun tidak banyak yang menjualnya, namun jaket bomber army ini cukup banyak yang mencarinya. Umumnya bahan yang dipakai untuk membuat jaket ini adalah kain fleece, ripstop, twill dan sejenisnya, mengingat hanya jenis kain ini saja yang tersedia untuk motif loreng.  Berbeda dengan bahan  seperti kulit asli atau scout atau parasut, bahan kain untuk jaket ini tidak waterproof maupun water-resist sehingga sangat tidak cocok apabila ingin dipakai sebagai jas hujan. Harganya pun biasanya lebih terjangkau daripada jaket bomber umumnya.

 

Jaket Bomber Couple

Apabila anda menginginkan keluarga and memakai jaket yang sama dengan yang anda gunakan, maka bisa membeli jaket bomber couple.  Seperti namanya, jaket bomber couple merupakan sepasang jaket yang memiliki model dan motif atau warna yang sama namun memiliki detail ukuran yang berbeda. Umumnya model jaket bomber ini banyak dibeli oleh pasangan yang sudah menikah supaya terlihat serasi saat pergi keluar baik itu kerja, jalan-jalan maupun silahturahmi. Nah, jika anda sedang mencari hadiah yang pas untuk pasangan anda, kenapa tidak menghadiahkan jaket ini. Dengan memakai ini  anda akan tampak semakin serasi dan rasa cinta pasangan akan semakin kuat.